Bersama BPP Bandar Pulau, PT. Karunia Rotorindo Tani gelar sosialisasi penggunaan ‘Benteng Tani’

PT. Karunia Rotorindo Tani Gelar Sosialisasi Pupuk Benteng Tani
Asahan, WahanaNews.co

Berkolaborasi dengan Balai Penyuluhan Pertanian Bandar Pulau, PT. Karunia Rotorindo Tani menggelar sosialisasi penggunaan pupuk Benteng Tani. Acara yang digelar di Aula Balai Penyuluhan Pertanian Bandar Pulau ini dihadiri sekitar 60 petani kelapa sawit dari berbagai kelompok tani di sejumlah desa di Kabupaten Bandar Pulau. Acara yang berlangsung pada Senin (20 Desember 2021) ini terselenggara atas kerja sama Balai Penyuluhan Pertanian Bandar Pulau dan Dinas Pertanian Kabupaten Asahan.

Saat memberikan pemaparan kepada para petani yang hadir, Rizal Kuswanto, Technical Support PT. Karunia Rotorindo Tani, menyampaikan salah satu keunggulan utama pupuk cair Benteng Tani. Ia menjelaskan, selain ramah lingkungan, Benteng Tani juga mengandung berbagai mikroorganisme dan bakteri pengurai yang bermanfaat untuk menjaga kesuburan tanah secara berkelanjutan.

“Bakteri pengurai dalam pupuk Benteng Tani menghasilkan unsur hara tanah yang penting dan berfungsi sebagai makanan bagi tanaman. Selain sebagai penyedia unsur hara, Benteng Tani juga mengandung bakteri hidup yang berperan sebagai musuh alami Ganoderma, patogen yang sering menyerang tanaman kelapa sawit dan sulit dikendalikan,” jelas Rizal.

Ramli Marpaung, perwakilan salah satu kelompok tani yang hadir dalam acara tersebut, menyampaikan rasa antusiasnya terhadap sosialisasi tersebut. Ia mengatakan bahwa acara tersebut memberikan pengetahuan yang sangat berharga bagi petani yang sebelumnya belum mengetahui cara mengelola tanah dan penggunaan pupuk yang tepat.

“Sebagai petani, sebelumnya kami memiliki keterbatasan pengetahuan tentang penggunaan pupuk yang tepat sesuai kebutuhan tanaman. Dengan hadirnya PT. Karunia Rotorindo Tani beserta produknya, kini kami lebih memahami cara mengelola tanah dan tanaman secara efektif. Selain itu, dengan semakin mahalnya harga pupuk kimia, pupuk cair Benteng Tani yang ekonomis menjadi solusi bagi kami. Kami mengapresiasi hal ini dan berharap acara seperti ini terus berlanjut,” tutup Ramli.

Sangkot Manurung, penyelenggara acara sekaligus Tenaga Penyuluh Pertanian Balai Penyuluhan Pertanian Bandar Pulau, menyampaikan bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat.

“Ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para petani yang kami dampingi,” ujarnya singkat. (Khairul Faisal)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *